Semuanya Berubah

Halo guys. Apa kabar kalian semua? Kali ini gua bakal bahas tentang perubahan. Kalian pasti berubah dong ya. Entah perubahan baik ataupun perubahan buruk. Ya namanya juga manusia, om.

Kalo udah ngomongin tentang perubahan, udah pasti kita berharap berubah menjadi lebih baik, iya kan? Ga ada tuh orang minta berubah jadi jahat, contohnya jadi musuh kpk, engga ada tuh.


Beda lagi ketika lu udah mau jadi superhero, iya itu sah-sah aja karena emang ga mungkin! Kalaupun mungkin ya superhero nya ga bener-bener bisa terbang dan berubah jadi monster yang gede dan ijo itu, engga ya, awas lo ngigo.

Contohnya aja kalo kita lagi ulang tahun, kita selalu berdoa dan di doakan menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Tiap tahun aja kayak gitu. Ga ada perubahan, gua sampe mikir "emang sejahat itukah gua?"

Tapi engga kok! Maksud gua, ya namanya doa pasti yang baik-baik lah, ya. Bukan berarti kalo di doain jadi lebih baik sebelumnya kita ga baik atau gimana, engga. Ya aminin aja deh, itung-itung hargain yang ucapin aja udah cukup.


Nah, dalam hidup pasti kita ngerasain tuh perubahan yang terjadi di diri kita atau juga di lingkungan kita, kadang ada perubahan yang bener-bener kita ga mau lewatin, tapi ya mau gimana lagi, emang takdirnya gitu.

Disini gua bakal kasih tau ke kalian, ga banyak-banyak ya. Tiga perubahan yang terjadi dalam hidup kita dan perlu kalian tahu nih! Dari perubahan baik dan juga buruk! Apa aja ya kira-kira, cek dibawah ini!


Pertama! Tau mana yang baik.
Kita pasti pernah ngelakuin hal-hal yang kita anggep paling gila adalah kesenangan yang bener-bener menyenangkan, contohnya pas kecil gua suka banget main petasan di tempat yang ga semestinya, perang sarung sama temen-temen dan merusuh lainnya. Dimana sekarang kita berubah dan mikir, dulu gua kayak gitu ngapain ya. Kita ga boleh miris sama anak-anak yang sekarang, karena kita dulu juga sama kayak mereka, ga usah sok bener.


Kedua! Temen yang udah ga main bareng.
Kalo ini perubahan dilingkungan kita. Sakit sih tapi mau gimana lagi? Inget ga sih kalian punya temen yang bener-bener sering main banget sama kalian tapi makin kesini mereka makin sibuk sama urusan nya masing-masing. Inget kan? Iya itu namanya hidup, makanya orang tua suka bilang "jangan apa-apa ikutin temen" karena emang bener men.

Temen ternyata ga akan ikut kita kemanapun, ada saatnya temen ya udah pergi aja, apa lagi temen yang ikut keluarga nya. Waktu jaman smp sampe sma gua sering dapet temen yang pindah-pindah rumah, sedih sih karena gua tau bakal jadi jarang main kayak dulu, tapi masa iya gua ngelarang? Kan ga mungkin. Sebenernya untuk hal yang ini banyak faktor lain nya sih, ya kalian tau diri aja ya!


Terakhir! Sadar, dunia ini ga sebaik yang kita pikirkan.
Kalo ini perubahan sifat kita, gimana pandangan kita sama dunia. Kita sebagai manusia pasti selalu mau baik dalam berprilaku sama orang, tapi ketika kebaikan yang kita lakukan dibales dengan keburukan? Gua rasa ga sedikit orang yang merubah sifatnya dan pandangan nya sama dunia karena ini dan berpikir ternyata dunia ga sebaik yang kita pikirin.

Tapi bukan berarti dunia ini sejahat apa yang kita pikirin juga, ya sebaiknya apapun balesan yang kita terima, kita tetep harus menjadi orang yang baik khususnya dalam berprilaku! Karena gua yakin, kalo kita menanam kebaikan, ya kita bakal bisa metik kebaikan nya juga, setuju ya.


Nah dari ketiga perubahan baik dan buruknya kita diatas, yang paling penting menurut gua yaitu menghargai setiap proses yang ada, karena kita sendiri sebagai manusia ya pasti berproses, entah dengan cara apapun juga. Seperti menghargai temen yang udah ga main bareng lagi, menghargai manusia yang ga berprilaku baik sama kita, ya kita harus hargai itu sebagai manusia.

Karena pada dasarnya, berubah jadi baik atau buruk itu tergantung kita menyikapinya gimana, tinggal kita sebagai manusia harus menghargai setiap proses dari perubahan tersebut. Gua percaya, manusia itu bakal merasa diakui ketika mereka menghargai dirinya dan menghargai orang lain.


Oke mungkin cukup sampe sini gua ngomong sok bener, jangan di baca serius! Nanti bisa-bisa lu mikir "Ini orang kenapa sih?" haha Sekian dulu tulisan nya sampe sini, buat kalian yang mau nambahin perubahan baik atau buruknya kita dalam hidup, kalian bisa tulis perubahan tersebut di kolom komentar ya! Sampai jumpa di postingan selanjutnya!

You Might Also Like

14 komentar

  1. no 1 dan 2 sesuai yang gue rasain. Tambahan... kalo menurut gue ada satu perubahan lagi yaitu bisa membedakan mana keinginan, mana kebutuhan. Setelah itu bisa menentukan mana yang lebih diprioritaskan. #ngomong apa gue ini 😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo bro Brian! Wah iya bener banget, tapi perubahan itu udah biasa di sebutin di tempat lain haha tapi boleh juga lah ya. Makasih tambahan nya bro hehe. Sama gua aja bingung, lol

      Hapus
  2. 'Ini orang kenapa sih?'
    Haha. Setuju banget sama ketiganya karena saling berkaitan. Intinya adalah, tetap berpegang diri atas setiap perubahan apapun itu.
    Salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Aulia! Haha akhirnya ada yang notice gua ngomong ngawur. Bener, setuju deh sama kk nya, salam kenal juga!

      Hapus
  3. Yang susah itu kalo pengen ada perubahan dalam hidup, tapi diri sendiri nggak mau berubah :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Igniel! Kalo itu sih masalahnya beda lagi ya, bisa dibilang males juga sih. Sama aja kayak ngejar tujuan, kalo cuma doa aja ya ga akan kesampean haha

      Hapus
  4. aku mendadak sedih baca poin "temen yang nggak udah main bareng lagi"
    kalo diinget-inget banyak juga temen yang dulu akrab sekarang udah nggak lagi karena sekian hal. entah sudah menikah, sudah sibuk urus anak atau malah putus persahabatannya karena sebuah masalah. :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Amanda! Haha poin itu emang yang paling sedih dari poin-poin yang lain. Kalo udah menikah dan punya anak mungkin masih bisa di maklumi, tapi kalo masalah sepele, contoh nya ga ikut pergi bareng terus musuhan kan ga lucu ya.

      Hapus
  5. Banyak perubahan yg terjadi dalam hidup gue. Lebih dari 3 poin di atas. Kalau ada perubahan ya santai aja sih. Ini namanya 'dinamika'. Nikmatin aeee :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Michael! Hahaha sepertinya ada pembalasa "santai" ya, udah ah jangan baper gitu. Ngomong-ngomong gua santai loh Mike. Setuju bro!

      Hapus
  6. Nyesek-nyesek gimana gitu ya di bagian poin nomor dua. Tapi begitulah kenyataannya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Reza! Kenyataan emang menyakitkan ya haha

      Hapus
  7. Semoga Allah sll menuntun kita berada di jalan yg baik ya mb, Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Relita! Amin hehe engga salah komen kan ya? Mb itu maksudnya "mba" bukan sih? Aku ini om-om loh haha :))

      Hapus